Taniya, Peserta Terfavorit dalam Presentasi Training Leadership dan Karakter Siswa Madrasah di Bogor Tahun 2022

Taniya, Peserta Terfavorit dalam Presentasi Training Leadership dan Karakter Siswa Madrasah di Bogor Tahun 2022

Bandar Lampung, MAN 2 (Humas) – S. Taniya Zakiya Tunnufus, Siswa MAN 2 Bandar Lampung kelas XI IPS 1 menjadi salah satu peserta perwakilan Lampung yang mengikuti Penguatan atau Training Leadership dan Karakter Siswa Madrasah yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI di hotel Padjajaran Bogor Jawa Barat selama tiga hari, yaitu tanggal 5 sampai 7 September 2022.

Kegiatan penguatan tersebut dibuka oleh M. Isom selaku Direktur Kurikulum Madrasah pada Senin (05/09) yang dalam sambutannya mengingatkan bahwa para peserta yang terpilih mengikuti kegiatan ini merupakan calon pemimpin masa depan dan hendaklah mereka meneladani kepemimpinan nabi Muhammad SAW.

Beliau menyampaikan 6 aspek yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang baik yaitu aspek fisik yang kuat, pikiran yang baik, emosi yang stabil, berintegritas, spiritualis serta mampu berkomunikasi, berdiplomasi serta bersosialisasi.

Sementara itu, Taniya bersama 3 wakil dari Provinsi Lampung yang lain yaitu dari Lampung Selatan, Lampung Utara dan Pringsewu telah bergabung dengan 96 peserta lainnya dari Madrasah Aliyah seluruh Indonesia untuk mengikuti training yang terbagi dalam 3 zona.

“Lampung sendiri masuk kategori zona 1. Kami bergabung dengan seluruh peserta dari Sumatera, Gorontalo dan Sulawesi Selatan,” terang Taniya via telepon yang pada kegiatan itu didampingi oleh Yeni Wilianti, S.Pd. selaku Guru Pendamping.

Ia menambahkan bahwa selama tiga hari tersebut peserta mendapatkan materi kepemimpinan oleh beberapa narasumber serta akan ada sesi diskusi dan presentasi Rencana Aksi 5 Proyek Perubahan.

“Setelah kegiatan 3 zona ini terselesaikan akan dilaksanakan pemilihan Madrasah Student Leadership Award (MSLA). Alhamdulillah, saat presentasi makalah di hari pertama, saya terpilih menjadi peserta terfavorit. Mohon doa dari semua semoga saya bisa menjadi salah satu finalis dari ajang MSLA yang akan dilaksanakan pada hari ini,” ujar Taniya.

Di tempat terpisah, Drs. Nauval selaku Kepala Madrasah mengungkapkan rasa bangga atas keikutsertaan Taniya pada Kegiatan Penguatan Leadership dan Karakter Siswa Madrasah tahun 2022 tersebut.

“Saya mendapatkan informasi bahwa Taniya menjadi peserta terfavorit pada saat presentasi makalah. Itu bisa menjadi bekal pada ajang Madrasah Student Leadership Award. Semoga dia terpilih mendapatkan award tersebut," harapnya.

“Tetap semangat buat Taniya, saya bersama seluruh jajaran dan keluarga besar MAN 2 Bandar Lampung sangat mendukung sepenuhnya. Buktikan bahwa siswa MAN 2 Bandar Lampung memiliki jiwa berkompetisi dan kepemimpinan yang tangguh, rasa percaya diri dan kedisiplinan yang tinggi,” pungkas Nauval. (Eva/Ida/Adi))


08/09/2022 15:57, Dilihat 1110 kali