Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) Pada MAN 2 Bandar Lampung Tahun 2021/2022

Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) Pada MAN 2 Bandar Lampung Tahun 2021/2022

andar Lampung, MAN 2 (Humas) – Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) di MAN 2 Bandar Lampung berlangsung pada hari Senin (21/02) bertempat di ruang rapat multimedia mulai pukul 8.30  WIB sampai dengan 15.00 WIB. Bertindak sebagai tim penilai adalah Drs. H.M. Huzairin M.Pd.I yang merupakan ketua tim penilai dan Ketua Pokjawas Lampung, Drs. H. Alamsyah, M.Pd.

Acara PKKM yang dibuka secara langsung oleh Kepala Madrasah tersebut juga dihadiri oleh Ketua tim PKKM, Drs. Ahmad Putra, M.Pd serta anggota tim yang membantu mengumpulkan dan melengkapi berkas-berkas yang dibutuhkan sesuai PMA No.58 tahun 2017 SK.1111 tahun 2018 tentang penilaian kinerja kepala madrasah yang meliputi lima komponen yaitu : usaha pengembangan madrasah, pelaksanaan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan, supervisi guru dan tenaga kependidikan serta hasil kinerja kepala madrasah.

PPKM sendiri merupakan sebuah proses pengumpulan, pengolahan, analisis dan interpretasi data tentang kualitas kepala madrasah dalam melaksanakan tugasnya.

Kepala MAN 2 Bandar Lampung, Drs. Nauval dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim penilai yang telah berkenan hadir di madrasahnya untuk melaksanakan kegiatan PKKM.

PPKM yang dilakukan secara berkala setiap tahunan atau setiap setahun sekali dan empat tahunan ini baginya merupakan penilaian tahun pertama selama beliau menjabat sebagai kepala MAN 2 Bandar Lampung, maka penilaian hanya mencakup empat komponen saja.

“Saya menjabat sebagai kepala MAN 2 Bandar Lampung baru setahun ini maka ada 4 komponen penilaian yang harus terpenuhi pada PKKM ini. Tentu saja komponen-komponen tersebut tidak dapat terpenuhi dengan baik tanpa dukungan dan kerja sama semua stakeholder madrasah,” ungkapnya.

“Oleh karena itu saya ucapkan terima kasih kepada semua tim yang selama dua minggu ini telah bekerja maksimal dengan mempersiapkan semua berkas-berkas yang dibutuhkan untuk penilaian yang dilaksanakan pada hari ini. Semoga dengan upaya yang sudah kita lakukan tersebut, hasil yang yang memuaskan bisa kita raih,” ujar Nauval.

Sementara itu, Drs. H.M. Huzairin, M.Pd.I. dalam sambutannya mengajak Kepala Madrasah dan seluruh stakeholder madrasah agar dapat bekerja sama untuk memajukan madrasah.

“PKKM ini dilaksanakan sebagi bahan informasi pengambil kebijakan tentang apa saja yang sudah dilakukan oleh kepala madrasah dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dalam memimpin madrasah dengan dibantu oleh stakeholder madrasah. Karena capaian keberhasilan kinerja kepala madrasah tidak terlepas dari peran serta dan bantuan dari semua komponen yang ada di madrasah,” tegasnya.

Hal yang berbeda disampaikan oleh Ketua Pokjawas Lampung, Drs. H. Alamsyah, M.Pd. Ia berpesan kepada seluruh yang hadir pada acara PKKM tersebut agar bisa mengambil pembelajaran dari tugas yang diberikan oleh kepala madrasah.

“Bapak/ibu yang terpilih sebagai tim PKKM ini adalah orang-orang yang diberikan kepercayaan dan dianggap kompeten untuk membantu kepala madrasah. Tentu saja ini akan menjadi bekal karena bisa jadi suatu saat nanti bapak/ibu diberikan amanah menjadi kepala madrasah dan pastinya akan melaksanakan PKKM seperti  ini juga,” kata Alamsyah.

Setelah acara pembukaan dan sambutan, PKKM dilanjutkan dengan pemeriksaan kelengkapan berkas-berkas untuk setiap komponen penilaian yang diwakili oleh setiap koordinator dan perwakilan tim.

Acara penutupan dilakukan di hari yang sama dengan pemberian evaluasi oleh ketua tim penilai serta pemberian saran dan masukan untuk perbaikan PKKM di masa yang akan datang. Kegiatan PPKM pun diakhiri dengan sesi foto bersama dengan tetap menerapkan Prokes. (Eva/Ida)


22/02/2022 10:25, Dilihat 5488 kali